Memuat Konten
Silakan tunggu sebentar konten sedang dimuat....

Mengapa Kucing Makan Rumput

Kucing Makan Rumput

Dari efek pencahar hingga kebutuhan makanan, teori di balik mengapa kucing makan rumput sangat beragam dan tidak pasti. Namun, penelitian terbaru mungkin menunjukkan alasan yang lebih praktis dan naluriah untuk perilaku ini: kucing makan rumput karena tanaman yang tidak dapat dicerna membersihkan sistem cacing parasit mereka.

Tentu saja, kebanyakan kucing rumahan kini tidak penuh dengan cacing, tetapi kegemaran memakan rumput ini kembali ke masa lalu mereka yang tidak begitu jauh seperti hewan liar, ketika mereka mengonsumsi hampir seluruhnya daging mentah.

Apakah Semua Kucing Makan Rumput?
Tidak semua kucing makan rumput, tetapi itu adalah perilaku yang cukup umum.

Dalam survei terhadap 1.021 pemilik kucing yang mengamati perilaku kucing mereka setidaknya selama tiga jam per hari, 71% melihat kucing mereka makan rumput setidaknya enam kali.

Penjelasan umum tentang pemakan tumbuhan adalah karena kucing tidak dapat mencerna rumput, mereka memakannya saat merasa sakit dan ingin muntah.
Teori populer lainnya berpendapat bahwa kucing makan rumput untuk memasok serat atau karena mereka merasa cemas.

Meskipun para peneliti tidak selalu yakin sepenuhnya mengapa kucing makan rumput, data terbaru tentang kucing dan anjing menunjukkan makan rumput sebagai cara untuk menyebabkan muntah.

Jika tanaman tidak beracun dan tidak dirawat dengan pestisida, umumnya aman untuk dikonsumsi kucing dalam jumlah sedang.

Makan Rumput Adalah Perilaku Instingtual
Kucing tampaknya memiliki kecenderungan bawaan untuk makan tumbuhan secara teratur, didukung oleh banyak laporan tentang karnivora liar yang memakan tumbuhan, seperti yang ditunjukkan sebagian besar rumput yang tidak dapat dicerna dan bagian tumbuhan lain yang ditemukan dalam kotorannya.

Studi pada primata mengungkapkan bahwa tumbuhan yang tidak dapat dicerna membersihkan sistem usus dari parasit (cacing).

Temuan peneliti yang menunjukkan bahwa 91% kucing tidak tampak sakit sebelum muntah memperkuat teori bahwa pemakan rumput adalah naluri dan membantu kucing membersihkan parasit berbahaya, tetapi tidak terjadi karena kucing dengan sengaja ingin muntah.

Meskipun demikian, 27% pemilik kucing yang disurvei melaporkan kucingnya sering muntah setelah makan tanaman, dengan persentase yang meningkat seiring bertambahnya usia kucing.

Rumput Sebagai Pencahar atau Bantuan Diet
Dokter hewan telah lama bertanya-tanya apakah kucing memakan rumput sebagai akibat dari kekurangan makanan – karena vitamin dan mineral yang ada di berbagai tumbuhan.

Beberapa juga berteori bahwa rumput dapat berfungsi sebagai semacam pencahar, membantu gumpalan bulu melewati saluran pencernaan.

Karena penelitian menunjukkan bahwa hewan tidak tampak sakit sebelum memakan rumput, kemungkinan besar pemakan rumput karena alasan ini akan menjadi aktivitas instingtual lain yang berasal dari masa mereka di alam liar, ketika kucing memakan hewan secara utuh.

Tetapi satu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi mangsa secara utuh dapat menyediakan komponen yang membantu pencernaan dan kesehatan saluran cerna untuk kucing, dan tidak ada dalam makanan yang disiapkan secara komersial. Mungkinkah memakan rumput upaya kucing untuk mengganti komponen makanan yang hilang ini?

Meredakan Stres dan Kecemasan
Perubahan apa pun pada perilaku kucing dapat diartikan bahwa ia mengalami stres dan kecemasan, termasuk mengeong berlebihan, gelisah, mudah tersinggung, menggaruk, dan / atau buang air kecil.

Mengunyah juga bisa menjadi reaksi stres pada kucing, dan terkadang bisa muncul saat makan rumput.

Meskipun belum tentu merupakan tanda penyakit, jika kucing Anda biasanya tidak makan rumput dan kemudian mulai memaknnya, Anda mungkin perlu membawanya ke dokter hewan.

Apakah Makan Rumput Buruk bagi Kucing?

Makan rumput dalam jumlah sedang adalah normal untuk sebagian besar kucing dan anjing, dan umumnya tidak terkait dengan penyakit atau saluran pencernaan yang tidak sehat.

Sebagian besar risiko berasal dari tanaman yang berpotensi beracun serta pekarangan dan kebun yang telah dirawat dengan pestisida dan herbisida.

Penting untuk memeriksa daftar tanaman beracun dari American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) dan memastikan tanaman aman untuk hewan peliharaan Anda sebelum membawanya ke lingkungan.

Salah satu pilihan untuk kucing yang suka makan rumput adalah dengan membeli catnip atau bibit rumput gandum yang tumbuh dengan mudah dari jendela di dalam ruangan.

Perlu diingat bahwa, jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, tanaman ini tidak akan membahayakan hewan peliharaan Anda, tetapi tetap tidak akan bisa mencernanya dan bisa muntah.

Beberapa kucing mungkin juga mengalami reaksi alergi terhadap rumput, terutama jika tersangkut di rongga sinusnya. Penting untuk memperhatikan hewan peliharaan Anda dengan cermat jika ia menyukai terlalu banyak rumput. (Lidya/yn)