Memuat Konten
Silakan tunggu sebentar konten sedang dimuat....

Serpihan kapal KRI Nanggala Ditemukan

Kapal Nanggala 402

Setelah sebelumnya dinyatakan sempat hilang, hingga kini pencarian masih terus berlanjut. Beberapa benda yang dibawa oleh KRI Nanggala ditemukan dilokasi awal sebelum menyelam. TNI menuatakan Kapal NKRI Nanggala yang hilang 3 hari lalu telah tenggelam di perairan utara bali.

Namun ia tidak bisa memastikan bagaimana nasib ABK dalam kapal, "Pada pukul 3 dinigari tadi adalah waktu dimana ketersediaan oksigen dalam kapal sudah habis" imbuhnya.

Sementara itu penemuan beberapa benda yang diduga milik kapal KRI Nanggala yang berupa tumpahan minyak, serpihan, dan juga alat shollat menjadi bukti otekntik kalau kapal tersebut mengalami keretakan dan tenggelam.

Tak hanya itu, pelurus torpdo, pembungkus pipa pendingin, dan pelumas periskop dalam botol orange juga ditemukan dilokasi awal sebelum kapal menyelam. Berdasatkan bukti yang ada kapal diduga retak dan tenggelam, sebab benda-benda yang ditemukan salah satunya berada didalam kapal.

Apabila sudah keluar artinya ada kemungkinan kapal mengalami retak dan kemasukan air, dengan adanya penmuan ini maka Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) mengisyaratkan pencarian difokuskan pada subsunk.

Nanggala 402 adalah salah satu kapal selam milik NKRI yang hilang kontak pada hari rabu pada pukul 03.00 dini hari

NKRI Nanggala merupakan salah satu kapal selam resmi yang menjadi milik sistem pertahanan atau alutsista indonesia pada tahun 1981. Berdasarkan keterangannya kapal ini hilang di perairan senam promil atau 95 km dari utara pulau bali pada pukul 03.00 dini hari waktu setempat.

Kapal Selam Nanggala 402 membawa 53 orang yang di antaranya 49 abk satu orang komandan dan 3 orang personel mengoperasi senjata. Kapal ini hilang kontak saat melakukan latihan waktu itu kapal diberikan izin untuk menyelam pelatihan menembak torpedo.

Untuk mencari KRI Nanggala 402, sebanyak 21 helikopter dikerahkan. Hingga saat ini pencarian masih terus dilanjutkan bersama kapal bantuan dari negara tetangga yakni, Amerika Serikat, Korea, Malaysia, Dan juga Singapura.