Memuat Konten
Silakan tunggu sebentar konten sedang dimuat....

Komandan KRI Nanggala-402 Tulis Pesan Doakan Kami jika Muncul di Berita

Video Penyelamatan diri Heri Oktavian

Heri Oktavian adalah seorang Komandan KRI Nanggala 402 yang nuga sempat membagikan sebuah video momen penyelamatan diri pada akun instagramnya @Class_of_2k2.

Dalam sebuah video berdurasi 28 detik yang menggambarkan detik-detik bagaimana kru bisa keluar dari kabin saat simulasi on eternal patrol (Tenggelam Kak).

Pada sebuah cuplikan video instagram tersebut ketika kapal mungkin akan tenggelam (subsunk), Heri membuat video dan mengatakan "Jika kamu tidak membaca berita ini maka semuanya baik-baik saja, tapi bila kamu menemukan berita ini mohon doakan kami." Seperti yang dilansir dark IdnThimes pada hari minggu 25/04/2021.

Unggahan Heri Oktavian pada masa lampau tersebut langsung diserbu oleh doa warganet, dalam video itu komandan KRI Nanggala 402 membuat sebuah pesan dalam sebuah video penyelamatan diri. Video tersebut adalah video masa lampau yang diunggah sebelum kejadian tenggelamnya kapal KRI Nanggala 402.

Selain mengunggah video penyelamatan diri, Heri juga sempat membagikan sebuah foto unggaahan dengan kegiatan yang sama. Foto tersebut adalah seorang yang berhasil keluar kabin kapal serta menggunakan baju selam submarine escape Immersion Equipment.

Meskipun sudah lama unggahan tersebut di serbu kembali oleh komentar warganet. Mereka beramai-ramai mengirim komentar doa untuk 53 prajurit TNI yang terjebak di kapal buatan jerman yang sudah beroperasi sejak tahun 1981.

Menurut salah satu komentar dari akun @nrlsabilla_, "Husnul khotimah ya pak, walaupun kita gak kenal tapi setelah baca caption jadinya mewek"

Ada juga komentar dari @vie_viena "Rest in love and peace, capt,"


Video Tersebut viral kembali ketika Kapal KRI Nangggala Benar² tenggelam dan Masuk Berita

Sebelumnya memang kondisi kapal KRI Nanggala 402 berada dalam sub-sunk alias dinyatakan tenggelam beberapa minggu lalu. Dan beredar video masa lampau yang isinya sebuah pesan "doakan kami jika muncul di berita kapal selam KRI Nanggala 402." Video tersebut tidak lama diambil sebelum terjadinya kapal tenggelam.

Selang beberapa waktu tak disangka hal tersebut benar² terjadi. Sejumlah barang ditemukan, yang menjadi bukti otentik bawah kapal tersebut mengalami tenggelam setelah dinyatakan hilang.

Menurut kepala Star TNI angkatan laut laksamana TNI Yudo Margono pada 2 hari lalu (27/04/2021) "evakuasi ABK yang ada kemungkinan masih ada selamat akan disiapkan."

Kapal selam KRI nanggala 402 diduga mengalami keretakan dalam sebuah keterangan pers yang diberikan oleh TNI Matjen TNI Achmad Riad di Lanud I Gusti Ngitah Rai, Bandung, Bali, Kamis.

Kapal dinilai sudah berada di kedalaman laut yang melebihi batas kemampuan menyelam nya. Sehingga bisa terjadi keretakan dan tekanan yang sangat kuat sehingga barang-barang di dalamnya bisa keluar ke permukaan air. Barang yang berada di dalam kapal sudah keluar semua, ini juga termasuk pelurus torpedo yang sering ditemukan dalam kebanyakan kapal selam.

Barang-barang tersebut sangat melekat pada KRI Nanggala 402. Sebenarnya barang tersebut sudah lebih dahulu ditemukan saat sehari kapal dinyarakan hilang.

Benda milik kapal KRI Nanggala ditemukan dengan jarak dua mil dari posisi pertama kali kapal menyelam. Dan ditemukan pada pukul 07.00 atau pukul 08.00 keesokan harinya usai kapal dinyatakan tenggelam.

Kapal KRI Nanggala diduga berada pada kedalaman 850 meter, posisi tersebut sangat sulit untuk melakukan pengangkatan kapal. Tidak ada alat yang mampu mengangkat benda seberat itu di kedalaman laut yang mencapai 838 km.

Adapun ROV (Remorly Operated Underwater Vihicle) hanya sanggup mengangkut benda seberat 100 kg saja dalam satu kali angkutan.